Jumat, 17 September 2010

Cara Membuat Sebuah Blog WordPress Menghasilkan Dollar


         Agar sebuah blog WordPress dapat menghasilkan dollar, dari sejak awal harus dirancang untuk tujuan tersebut.  Blog WordPress yang saya maksud adalah blog WordPress berbayar dengan nama domain dan hosting sendiri.  Sebenarnya script WordPressnya gratis, yang berbayar hanya nama domain dan hostingnya. Pengalaman teman-teman selama ngeblog di WordPress.com merupakan pengalaman yang sangat berharga untuk dapat mengelola sebuah blog yang dapat menghasilkan uang.
 
CONTOH BLOG SAYA
         Kali ini saya akan berbagi kepada teman-teman, terutama teman-teman yang belum pernah mencoba. Bagi teman-teman yang sudah terbiasa dan bahkan senior,  mohon untuk menambahkan dan memberikan masukan.
         Agar sebuah blog dapat menghasilkan dollar, maka target pasarnya harus internasional, dan bahasa blognya harus bahasa Inggris. Jangan khawatir jika teman-teman ada yang kurang bisa bahasa Inggris, pasti teman-teman bisa membuatnya.. nanti saya berikan tipsnya. 

Langkah-langkah dan tahapan pembuatan blog :
Menentukan Sumber pendapatan
         
Menentukan sumber pendapatan itu sangat penting, sebagai dasar untuk menentukan tema. Untuk kali ini, katakanlah sumber pendapatan blog dari Google AdSense dan Amazon.com. Dengan menentukan sumber pendapatan, kita akan lebih mudah untuk selanjutnya dalam menentukan tema blog. Untuk keperluan tersebut kita harus punya akun adsense dan akun amazon.
Cara mendaftar akun Google AdSense ada 2 cara :
  1. Langsung mendaftar ke Google Adsense, persyaratannya punya website sendiri berbahasa inggris, ada batasan minimum artikel, umur domain minimum 6 bulan, dll (baca di syarat layanan). Untuk mendapatkan akun google adsense agak sulit, harus sabar, daftar bisa 4-6 kali baru diterima.
  2. Mendaftar via situs perantara : www.indyarocks.com dan   www.docstoc.com Dengan cara ini anda tidak perlu menyertakan website. Tapi untuk docstoc ada persyaratan yaitu bagi hasil, indyarocks tidak.
Cara mendaftar Amazon.com :
         Langsung aja pergi ke Amazon.com, persyaratan harus memiliki website berbahasa inggris, tapi tidak dipersyaratkan umur domain dan jumlah artikel, biasanya langsung diterima.
Tapi sebaiknya anda jangan dulu mikirin hal tersebut, yang terpenting rancang dulu websitenya sampai tayang di internet. 


 Menentukan Tema blog
         Tema blog adalah gambaran umum dari keseluruhan isi blog.  Sehubungan dengan sumber pendapatan akan diambil dari Amazon, maka tema-nya harus jenis produk yang ada di Amazon. Misalnya : Electronics, Furniture, Sport, Cell Phones dll. Semua ada di Amazon.com. Dan semua produk Amazon.com sangat relevan dengan PPC Google AdSense. Untuk tema blog dalam bahasan ini ambil saja misalnya tema Furniture.
Mengumpulkan Keyword & Survey pasar
         Setelah  menentukan tema blog, yakni Furniture, langkah selanjutnya mencari dan mengumpulkan keyword. Keyword-keyword dimaksud adalah turunan dari keyword utama (Furniture). Untuk apa mengumpulkan keyword ? Jawabannya adalah : sebagai alat untuk mendatangkan pengunjung. Dengan keyword-keyword tersebut pengunjung akan mendatangi blog anda melalui search engine, terutama dari Google. Cara mencari dan mengumpulkan keyword selanjutnya anda pergi ke Google Adword Keyword Tools.
Setelah muncul halaman google adword, pada kotak pencarian keyword ketik : Furniture, lalu isi kode chapcha dengan benar, pada bagian kiri kotak pencarian keyword ada pilihan bahasa dan negara.. lalu anda pilih pilih bagasa Inggris dan negara pilih United States. Selanjutnya klik tombol pencarian di bawah kode chapcha. Setelah itu akan muncul tabel yang berisi kata kunci turunan dari Furniture. Untuk mengetahui nilai klik iklan adword anda anda dapat memunculkan kolom nilai CPC (klik adword).. dan pilih United States (US$) pada bagian kanan atas tabel.
Lanngkah selanjutnya, kumpulkan keyword sebanyak-banyaknya. Pilih keyword yang memiliki nilai local search >1.000 (pencarian lokal kata kunci setiap bulan). Caranya : klik save to exel pada pojok kanan bawah tabel. Setelah itu pada exel anda, lakukan sortir CPC min 1$, local search maksimum100.000. Untuk keyword yang nilai local searchnya>100.000 bisa anda cari keyword turunannya dengan mengetikan keyword tersebut di kotak pencarian keyword.
Mengecek Jumlah Pesaing
         Dengan mengumpulkan keyword dan survey pasar, anda sudah menentukan pasar, mengetahui jumlah pencari, mengetahui CPC (berapa dollar google dibayar pemasang iklan adword). Untuk AdSense anda akan dibayar Google sd.40% x CPC.  Iklan adword adalah iklan yang terpasang di bagian kanan situs pencarian google ketika anda browsing. Satu hal lagi yang belum anda ketahui dari data tersebut, yakni berapa jumlah pesaing setiap keyword yang anda kumpulkan. Bagai mana caranya ? Caranya pergi ke Google.com (bukan Google.co.id).
Chek satu persatu semua keyword yang berjumlah 25 hasil survey anda dengan cara megetik keyword pada kotak search Google dengan membubuhkan tanda ” ” (contoh ”furniture”. Kemudian lihat lihat angka pencarian pada bagian kanan kotak pencarian. Jika menunjukan angka <50.000, maka keyword tersebut biarkan pada exel anda. Tetapi jika angka menunjukan >50.000, anda hapus keyword tersebut.. karena agak sulit mengalahkannya. Lakukan berulang-ulang sampai selesai. Mungkin keyword anda tinggal sedikit. Tidak apa-apa. Anda bisa menambah lagi dari turunan keyword furniture yang memiliki nilai pencarian >100.000 tadi.
Selanjutnya keyword yang terseleksi itulah yang akan kita gunakan. Bagai mana cara menggunakan keyword yang telah terseleksi, misalnya tersisa 25 keyword? Jawabannya adalah, buatlah satu keyword untuk satu artikel. Jadi dengan 25 keyword anda harus membuat 25 artikel berbahasa Inggris.
Bagai mana kalau tidak bisa bahasa Inggris ? Gampang.. ! Tapi ingat jangan copas… punya orang lain. Percuma..! blog anda tidak akan bisa bersaing, karena sudah kalah duluan oleh website pemilik artikel yang anda copas. Kecuali yang copas adalah situs yang sudah tinnggi PR-nya.
Banyak cara untuk mendapatkan artikel bahasa Inggris :
  1. Outsourcing ke orang yang bisa. Cari mahasiswa yang pintar bahasa Inggris, minta bantuan untuk membuat artikel berdasarkan kata kunci tadi. Panjang artikel minimum 280 word. Setiap pharagrap ada kata 1 kunci. Biaya per artikel antara Rp. 10.000,- rb s/d Rp. 15.000,-
  2. Pergi ke ezinearticle.com, ketik keyword pada kotak pencarian artikel. Setelah ketemu, copas dan bawa ke translate google, terjemahkan ke bahasa Indonesia. Lalu  tulis ulang dengan bahasa anda sendiri (ambil inti sarinya), tukar posisi pharagrap kalau bisa. Tulis dengan susunan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Kalau sudah selesai terjemahkan lagi ke bahasa Inggris. Periksa dengan teliti jangan sampai terselip bahasa Indonesia. Kumpulkan dan print semua hasil terjemahan, lalu minta tolong teman anda yang bisa bahasa Inggris, apakah tata bahasanya sudah benar ? Lakukan perbaikan sesuai hasil edit teman anda. Kalau teman bisa cukup ngasih uang saku sekedarnya khan ?
  3. Kalau susah cari mahasiswa untuk outsourcing, cari di google.. ”jasa pembuatan artikel bahasa inggris”. Banyak sekali !
Jika sudah terkumpul semua artikelnya, anda tinggal posting pada blog wordpress berbayar. Cara posting jangan sekaligus, tetapi rutin dan terjadwal setiap hari, atau dua hari sekali. Setiap artikel memiliki maksimum 6 tag. Tag diambil dari turunan kata kunci artikel. Caranya menggunakan Google Adword Keyword Tools seperti yang sudah anda lakukan sebelumnya.
Membuat rancangan blog
         Langkah berikutnya adalah membuat rancangan atau rencana blog anda.  Rancangan dimaksud, ibarat anda akan membangun sebuah toko. AdSense dan Amazon ibaratnya barang-barang yang akan dipajang untuk dijual di toko anda. Keyword-keyword yang anda kumpulkan adalah data pasar, dimana anda sudah mengetahui jumlah pencari produk, jumlah pesaing, dan jenis barang yang dicari calon pengunjung. Selain itu, keyword (keyword utama dan turunannya) itu merupakan tiket masuk ke blog anda. Satu bh keyword harus anda jadikan sebuah artikel. Artikel anda merupakan informasi produk dan berfungsi sebagai media promosi. Keyword utama+ maksimum 5 keyword turunannya anda jadikan tag halaman, dan untuk category bisa anda ambil keyword utama. Judul artikel harus mengandung keyword utama. Contoh “outdoor furniture” adalah keyword utama, maka anda buat judul artikel misalnya : “The Best Buy Outdoor Furniture for Your Home”.
Rancangan blog terdiri dari :
  1. Menentukan nama domain (ambil dari keyword yang banyak pencarinya dan CPCnya tinggi.. misal www.outdoorfurniture.com).
  2. Membuat daftar keyword, daftar keyword turunan (untuk tag dan seo), rencana internal linking, judul artikel, url halaman posting,  All in One SEO Pack (title, description, keyword). Semua komponen tersebut harus sudah anda persiapkan dari sejak awal.  Jika anda sudah memiliki 25 bh keyword, maka harus anda buat 25 judul artikel, 25 x 5 kerword turunan, 25 url halaman, SEO (25 title, 25 description, keyword=turunan tadi). Semua data anda buatkan tabel exel. Catatan : keyword yang dipakai nama domain jangan dibuatkan artikel.
Keseluruhan rancangan blog tersebut ibarat gambar & rab sebuah bangunan/gedung yang dirancang oleh seorang arsitek yang menggambarkan akan seperti apa bangunan atau gedung tersebut setelah jadi nanti. Agar bangunan gedung dapat dilaksanakan sesuai rencana, maka perlu dibuat rencana pelaksanaan atau tahapan-tahapan yang harus dikerjakan.  Begitu pula dengan rancangan sebuah blog, maka perlu ditentukan  jadwal posting, jadwal backlink dsb. Tujuan akhir sebuah blog yang dirancang sedemikian rupa adalah agar blog tersebut optimal (SEO) dan mendapat pengunjung sesuai rencana, serta pengunjung tersebut benar-benar datang melalui tiket-tiket (keyword) hasil riset.
Membeli domain, Sewa Hosting, dan Install WordPress (materi berikutnya…..)
Artikel mirip :  endangkusman.com
Berbagi Info :
Ini bukan bagian materi artikel di atas, tetapi hanya sebagai ungkapan berbagi kepada anda punya keinginan untuk mendalami internet marketing dengan harapan bisa mendapat penghasilan riil dari internet. Untuk bisa merancang sebuah website dari nol sampai menghasilkan, itu memerlukan waktu yang cukup panjang, perlu pengorbanan biaya, waktu, dan tenaga. Saya sekarang sudah tahu itu semua karena saya telah menjalankan dan megerjakan dengan tekun apa yang harus saya lakukan. Saya sudah 1 tahun lebih belajar yakni : bulan November 2008 saya membeli ebook  formula bisnis Joko Susilo seharga Rp.200.000 tentang dasar-dasar internet marketing. Lalu bulan Februari 2009 saya  membeli ebook belajar HTML dan belajar wordpress keduanya produk Dini Shanti. Semuanya saya pelajari dengan tekun dan saya praktekan. Pengetahuan dari Joko Susilo dan Dini Shanti walaupun belum memberikan hasil dalam bentuk materi, tetapi sangat besar manfaatnya bagi saya sehingga wawasan fikiran saya terbuka dan sedikit mengerti dan memahami seluk beluk dan suka duka menggeluti internet marketing, mengerti html, dan tahu cara membuat dan menginstall blog wordpress berbayar. Tidak sampai disitu, pada bulan November 2009 saya ditawari Dini Shanti lewat email untuk belajar mendalami ilmu internet marketing di PT. Asian Brain Anne Ahira dengan biaya Rp. 245.000/per bulan. Setelah saya menjadi murid Anne Ahira eh ternyata Dini Shanti itu adalah murid Senior Anne Ahira. Sekarang saya sudah tahu semuanya.. tinggal praktek dan memantapkan, bahkan saya sudah bisa mencari tips dan trik sendiri yang lebih praktis dan simpel dalam merancang dan mengelola sebuah website agar bisa menghasilkan uang. Karena ilmu ini sangat bermanfaat bagi yang memerlukan, maka di sini saya berbagi kepada anda walaupun hanya sekilas, dan tidak mungkin saya untuk menyampaikan secara rinci, entar saya dijewer bu guru Ahira.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar